Sabtu, 14 Januari 2017

PULAU LIUKANG LOE BULUKUMBA

Pulau Liukang Loe merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat Pantai Tanjung Bira, Pengunjung di Pantai Liukang Loe pun tidak seramai dengan pengunjung yang ada di Pantai Tanjung Bira.
Nama Liukang Loe konon berasal dari Bahasa Konjo. Liukang berarti kayu hitam dan Loe berarti banyak. Jadi Pulau Liukang Loe berarti sebuah pulau yang mempunyai banyak kayu hitam. Pulau ini merupakan pulau berpenghuni dan di dalamnya terdapat dua kampung yakni Kampung Buntutuleng dan Passilohe.
Pulau Liukang Loe mempunyai pantai dengan hamparan pasirnya yang berwarna putih serta air laut yang berwarna biru jernih. Sekumpulan pepohonan nan hijau pun turut menghiasi bbir pantai.



Pulau Liukang Loe
a)   Lokasi
Lokasi Pulau Liukang Loe secara administratif terletak di desa Bira Kecamatan Bontobahari. Terletak pada kordinat 120°25'57.59" BT dan 5°38'24.88"  LS. Lokasi ini berjarak sekitar 7 kilometer dari Pantai Bira dan sekitar 46 kilometer dari pusat kota Bulukumba.
b)   Aksesibilitas
Untuk menuju ke pulau ini, pengunjung dapat menyewa kapal di Pantai Bira dengan tujuan ke Pulau Liukang Loe. Tarif sewa per kapalnya sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000, tergantung kesepakatan dengan si pemilik kapal dengan waktu tempuh sekitar 15 hingga 20 menit.
Perjalanan menuju Pulau Liukang

c)    Sarana dan Akomodasi
Pengunjung yang datang ke pulau ini biasanya melakukan berbagai aktivitas wisata pantai seperti snorkeling dan diving yang mana di pulau ini merupakan tempat yang pas untuk snorkeling dan diving karena memiliki keeksotisan terumbu karang yang cukup menarik.
Di Pulau Liukang Loe, Wisatawan tidak hanya dapat menikmati keeksotisan terumbu karang tapi juga dapat menikmati aneka kuliner dan membeli cendera mata khas masyarakat Liukang Loe berupa sarung tenun Bangkuru Bira, Bulukumba. Di sebelah barat pulau merupakan permukiman penduduk yang berdomisili di tempat tersebut.
Selain itu, wisatawan mancanegara juga biasanya lebih memilih untuk berjemur di pinggir pantai karena pulau ini cukup tenang, juga karena pantai Pulau Liukang Loe cukup bersih. Untuk pengunjung yang hobi memancing, terdapat dermaga yang biasanya dimanfaatkan penduduk maupun pengunjung untuk memancing ikan.
Bagi pengunjung yang ingin bermalam di pulau ini, terdapat penginapan yang disewakan bagi wisatawan dengan biaya sebesar Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000 permalamnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar