Sabtu, 14 Januari 2017

PANTAI BARA BULUKUMBA

Ibarat saudara kembar, Pantai Bara ini sama cantiknya dengan Pantai Bira. Terletak dalam satu garis pantai yang sama, jika air laut sedang surut, maka akses menuju Pantai Bara ini menurut info penduduk sekitarnya, bisa ditempuh dengan hanya berjalan kaki menyusuri sepanjang tepi Pantai Bira hingga sampai di Pantai Bara.
Meskti tidak sepopuler Tanjung Bira yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara, Pantai Bara juga menyimpan keindahan tersembunyi yang sangat cocok dinikmati pecinta pantai khususnya jika menyukai suasana tenang dan damai, disebabkan pantai ini masih belum banyak diketahui umum sehingga relatif lebih sepi dibanding saudara kembarnya di Tanjung Bira. Yang unik dari Pantai Bara ini adalah banyaknya hamparan pohon kelapa yang berjejer disepanjang tepian pantainya.
Kalian juga bisa tonton Panorama Pantai Bara yang diliput oleh team MTMA dari Trans Media yang sudah saya Reupload di youtube berikut link untuk videonya https://youtu.be/sQlYxoH19O0
Pantai Bara
Eh link videonya salah... heheheh yang ini yang benar https://youtu.be/vmtQ4MCLQVQ
a)   Lokasi
Lokasi Pantai Bara secara administratif terletak di desa Bira Kecamatan Bontobahari. Terletak pada kordinat 120°26'19.25" BT dan 5°36'31.07" LS. Lokasi ini berjarak sekitar 43 kilometer dari pusat Kota Bulukumba.
b)   Aksesibilitas
Selain akses menuju Pantai Bara yang bisa ditempuh via jalur tepi pantai kala air laut surut, akses jalanan lainnya yang umum digunakan adalah melewati jalanan sempit berbatuan yang dikelilingi hutan kecil. Oleh sebab itu jika ingin pergi ke Pantai Bara ini menggunakan mobil ataupun motor, usahakan agar tidak terlalu sore disebabkan akses jalanan yang masih tidak mulus tersebut serta lingkungan sekitarnya yang terkadang banyak dijumpai monyet-monyet liar serta babi hutan berkeliaran disekitarnya.
Mobil dan motorpun bisa diparkir ditempat yang telah disediakan dan kemudian kita berjalan kaki menuju pantainya yang letaknya agak menurun dari sisi bukit tempat parkirnya. Masih minimnya fasilitas disekitar sini menyebabkan akses menuju pantainya pun belum dilengkapi dengan tangga atau jalanan yang mulus sehingga perlu sedikit effort menuruni batu-batu besar untuk sampai ke pasir tepian pantainya.

Kondisi jalan menuju Pantai Bara
c)    Sarana dan Akomodasi
Untuk masuk ke lokasi wisata ini, harus melewati pos masuk Pantai Tanjung Bira karena akses menuju pantai ini harus melewati pantai Bira. Jadi tiket yang digunakan adalah tiket pantai Bira.
Di sekitar pantai telah disediakan tempat parkir dengan tarif parkir untuk motor sebesar Rp.2.000,- dan untuk mobil sebesar Rp. 5.000,-. Untuk wisatawan yang ingin menginap di pantai ini, terdapat bungalow/penginapan di sepanjang pantai dengan tariff sebesar Rp.300.000,- sampai Rp. 500.000,- . Namun pengunjungpun bisa memilih penginapan atau hotel yang berada di area sekitar Tanjung Bira karena lokasinya yang berdekatan (kurang lebih 3 km). selain itu, untuk menghemat biaya, pengunjung yang ingin menginap di Pantai Bara, biasanya membawa tenda sendiri.
Seperti wisata pantai pada umumnya, hal-hal yang bisa dilakukan disini adalah berenang di pantai, berwisata ke pulau disekitarnya (Pulau Liukang Loe), snorkling, bersantai ditepi pantai sembari menikmati kelapa muda, bersantai di hotel ataupun sekedar foto-foto sembari menikmati panorama dan keindahan pantai dan sekitarnya. Selain itu juga terdapat fasilitas Dive Center yang memungkinkan para Diver yang sudah memiliki license untuk mengintip keindahan bawah laut sekitar Pantai Bara.

Bungalow/Penginapan di sepanjang Pantai Bara

d)    Dokumentasi di Pantai Bara


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar