Sabtu, 14 Januari 2017

PANTAI APPARALLANG BULUKUMBA

Pantai Apparallang merupakan salah satu objek wisata pantai yang terdapat di Kecamatan Bontobahari. Pantai ini memiliki ciri khas tebing dan air lautnya yang jernih dan sangat biru. Selain itu terdapat dermaga di balik tebing dan untuk menuju dermaga tersebut, kita akan melewati tangga yang cukup terjal namun tidak berbahaya karena tangganya telah dilengkapi dengan pegangan pada samping kiri dan kanannya.
Pantai Apparallang merupakan ojek wisata pantai yang cukup terpelihara kebersihannya karena di sepanjang lokasi objek wisata, telah disiapkan tempat sampah dan pengunjung selalu dihimbau untuk membuang sampah di tempat sampah yang telah disediakan. Untuk masuk ke lokasi objek wisata ini, dikenakan biaya Rp. 5000/orang.
Kalian juga bisa tonton Panorama Pantai APPARALLANG yang diliput oleh team MTMA (My Trip My Adventure) dari Trans Media yang sudah saya Reupload di youtube berikut link untuk videonya https://youtu.be/4qWzoUNwTdI
Pantai Apparallang
a)      Lokasi
Lokasi Pantai Apparallang secara administratif terletak di desa Ara Kecamatan Bontobahari. Terletak pada kordinat 120°26'57.50" BT dan 5°32'14.45" LS. Lokasi ini berjarak sekitar 39 kilometer dari pusat Kota Bulukumba.

b)     Aksesibilitas
Untuk menuju lokasi objek wisata ini, tidak begitu mudah karena tidak adanya kendaraan umum dari dan menuju area lokasi tersebut, karena pantainya yang dikelilingi oleh hutan dan tidak terdapat kawasan rumah di sekitarnya.  Oleh karena itu untuk menuju lokasi objek wisata ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk tiba di Pantai Apparalang, kita akan melewati jalan yang hanya bisa dilewati 1 mobil dan 1 motor bersamaan. Oleh karena jalannya yang cukup sempit, maka untuk pengendara yang mengendarai mobil, jalan masuk dan keluar berbeda. Biaya yang digunakan untuk memasuki objek wisata ini adalah sebesar Rp. 5.000/orang.
Kondisi Jalan Menuju Pantai Apparallang



c)      Sarana dan Akomodasi
Objek Wisata Pantai Apparallang menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung berbagai aktivitas wisata antara lain penyewaaan pelampung, Speed Boat, alat selam, WC umum, tempat sholat, tempat parkir kendaraan, tempat sampah, balai-balai bambu untuk beristirahat, dan warung – warung yang menyediakan berbagai macam makanan, cemilan dan minuman dingin.
Pengunjung yang ingin memarkir kendaraannya disiapkan tempat parkir dengan tariff Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil. Dan untuk pengunjung yang ingin berenang di Laut, dapat menyewa pelampung yang banyak disewakan oleh pemilik warung dengan tarif Rp.15.000/pelampung. Fasilitas umum lainnya yang biasa digunakan adalah WC umum, gazebo, dan tempat sholat yang terbuat dari bambu yang disediakan secara gratis oleh pengelola tempat wisata ini. Dan untuk pengunjung yang ingin menyelam, dapat menyewa speed boat yang sekaligus menyewakan alat selam dengan tarif yang tidak menentu tergantung negosiasi dengan pemilik speed boat dan alat selam tersebut.



WC UMUM
GASEBO

WARUNG & PENYEWAAN PELAMPUNG


TEMPAT PARKIR

Fasilitas Pendukung Objek Wisata Pantai Apparallang

d)      Dokumentasi di Pantai Apparallang










Tidak ada komentar:

Posting Komentar