Sabtu, 14 Januari 2017

PANTAI BIRA BULUKUMBA

Pantai Tanjung Bira merupakan pantai berpasir putih yang sangat terkenal di Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai dengan keindahan serta kenyamanannya membuat pantai ini terlihat bersih, rapi dan mempunyai air yang jernih. Karena keindahan dan kenyamanannya tersebut, Tanjung Bira terkenal di mancanegara. Banyak wisatawan asing dari berbagai negara dating berwisata di tempat ini untuk mengisi acara liburan mereka.
Pasir pantainya yang berbeda dari pasir pantai lainnya membuat Tanjung Bira sangat nyaman. Tekstur pasir yang lembut merupakan ciri dari Pantai Tanjung Bira. Pesona pantai dengan panorama alam pesisir pantai tropis yang terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi. Pantai yang membujur dari sisi utara hingga selatan ini tampak sangat memukau siapa saja yang datang berkunjung. Jajaran pohon kelapa serta bukit karang yang tampak kokoh menjadikan pantai ini terlihat nyaman.
Pantai Tanjung Bira

a)        Lokasi
Lokasi Pantai Bira secara administratif terletak di desa Bira Kecamatan Bontobahari. Terletak pada kordinat 120°27'25.86" BT dan 5°36'55.42" LS. Lokasi ini berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Bulukumba.
b)       Aksesibilitas
Pantai Tanjung Bira merupakan objek wisata yang mudah diakses karena lokasi ini dapat diakses dengan angkutan umum seperti mikrolet (pete-pete) dengan biaya sekitar Rp. 10.000,-/orang dari terminal Bulukumba. Waktu yang ditempuh dari Kota Bulukumba sampai ke Tanjung Bira sekitar 1 jam lamanya. Selain tarif perjalanan yang cukup murah, jalan yang dilalui juga cukup baik.
Perda No. 13 Tahun 2012 mengatur tentang tariff masuk ke objek wisata yang berbunyi”Pariwisata Kabupaten Bulukumba dengan bijak mematuhi dan menjalankan sapta pesona wisata serta kewajiban membayar retribusi anak-anak: Rp. 3.000,- , Dewasa: Rp. 10.0000,-, dan Mancanegara: Rp. 20.000,-.
Perda No. 3 Tahun 2013 mengatur tentang retribusi parker pada tempat wisata di kabupaten bulukumba  yang mana tariff parker untuk sepeda motor sebesar Rp. 5.000,- mobil pribadi dan sejenisnya sebesar Rp. 10.000,- serta Bus dan Bus mini sebesar Rp. 25.000,-
Pos masuk ke Pantai Tanjung Bira
c)        Sarana dan Akomodasi
Sarana serta akomodasi di Tanjung Bira sangatlah lengkap, seperti tempat penyewaan perlengkapan menyelam, kamar mandi yang nyaman, penyewaan motor, dan pelabuhan kapal ferry yang digunakan untuk mengantar para wisatawan yang ingin menyeberang ke Pulau Selayar. Untuk akomodasi penginapan tersedia villa, bungalow, dan hotel dengan tarif yang relatif murah yang didukung dengan rumah makan ataupun restoran. Di sekitar pantai juga terdapat pusat ole-ole yang mana menjual kerajinan tangan penduduk Desa Bira serta kaos oblong yang desainnya menggambarkan keindahan pantai bira.
Di Sekitar Pantai Tanjung Bira terdapat satu resort yang menjadi daya Tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai bira. Resort ini bernama Ammatoa Resort yang mana menyediakan kamar untuk pengunjung yang ingin menginap di pantai bira. Selain itu Ammatoa Resort juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat memanjakan pengunjungnya antara lain Kolam renang yang menghadap ke laut, di samping kolam terdapat café yang merupakan tempat untuk bersantai sambil menikmati berbagai macam minuman yang telah disediakan oleh pengelola resort tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar